Informasi terbaru tentang Dapodik menjelang Releasenya Patch 2.07

Kepada Yth Tim Operator Kecamatan dan Operator Sekolah SD/SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati

Sebelumnya mohon maaf karena di libur akhir pekan ini ada informasi yang memang harus kami sampaikan kepada seluruh operator sekolah yang menangani dapodikdas. Informasi tersebut antara lain :

INFORMASI PERTAMA

  1. Akan ada Patch baru yaitu versi 2.07 yang akan direlease oleh Tim Dapodik Pusat tanggal 1 April 2014
  2. Di dalam versi 2.07 nantinya, nama dan tanggal lahir PTK dan Peserta Didik akan dikunci sehingga sudah tidak dapat diedit lagi. Oleh karena itu, data harus sudah valid sebelum versi 2.07. Tujuannya adalah primary key terjaga / konsisten dengan namanya.
  3. Update ke versi 2.07 harus berangkat dari versi 2.06, dan tutorial cara instalasi patch 2.07 akan kami buat setelah patch terbaru (2.07) muncul. Dan kami harap semua operator sekolah di Kabupaten Pati nantinya mendownload patch melalui grup facebook ini "Operator Pendataan Dikdas Kab. Pati" atau Website resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Pati yang beralamat di http://disdik.patikab.go.id atau Website Resmi Dapodik yang beralamat dihttp://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. Dan jangan mendownload melalui sumber lain untuk menghindari kesalahan yang bisa berakibat fatal. (Gagal install, salah install patch, atau kejadian lain yang mengakibatkan data hilang)
  4. Lakukan pengecekan data PTK calon penerima tunjangan melalui situs INFO PTK yang alamat-alamatnya dapat dilihat di alamat ini =>>http://disdik.patikab.go.id/berita-36-alamat-untuk-cek-sk-dan-lembar-info-ptk-.html
  5. Apabila data PTK yang tertera di situs INFO PTK tersebut masih terdapat warna merah (INVALID) maka ikuti petunjuk atau point-point yang harus dilengkapi dalam pengisian dapodikdas. Point-point tersebut dapat diakses melalui alamat ini =>>http://disdik.patikab.go.id/berita-37-DAPODIK.html
  6. Bagi sekolah yang sampai saat ini masih ada perubahan, segera lakukan perubahan sampai data dapodik benar-benar lengkap dan valid. Lalu lakukan SINKRONISASI sampai muncul keterangan "SINKRONISASI BERHASIL". Agar sinkron berhasil pilih waktu yang tepat disaat bukan jam sibuk serta gunakan koneksi yang cepat. 
  7. Apabila sudah SINKRON dan keterangannya berhasil tapi data di situs INFO PTK belum berubah, itu artinya mungkin data belum diproses oleh server pusat. Kalau saya ditanya kapan data tersebut bisa berubah sesuai sinkron terakhir, maka jawab saya minimal data berubah 1x24 Jam setelah sinrkon dan maksimalnya saya tidak tahu.
  8. Pengiriman BSD untuk saat ini dihentikan sampai ada informasi lebih lanjut, jadi pengiriman kembali lagi melalui proses SINKRONISASI.

INFORMASI KEDUA

  1. Terkait roling Kepala Sekolah dan guru mulai pertengahan Maret - April 2014, setelah berkonsultasi dengan mas Edy Purwanto dan Bu Ratna Susanti agar di dapodiknya jangan dimutasikan dulu sampai ada perintah atau info lanjut yang juga akan kami sampaikan melalui grup facebook ini. Karena apabila dimutasikan saat ini dikhawatirkan akan merubah semua data yang sudah diterima pusat. Kalau data yang dirubah valid gak masalah, tapi kalau INVALID nanti bisa jadi masalah. 
  2. Kalau ada masalah lain atau masalah khusus terkait roling selain point nomor 1 diatas silahkan dikonsultasikan oleh beliau-beliau yang namanya saya sebutkan diatas.

INFORMASI KETIGA

  1. Mohon dengan sangat agar setiap ada perubahan data dalam dapodik lakukan BACKUP SECARA BERKALA. Backup yang kami maksud ini adalah backup yang menggunakan Aplikasi Dapodik Helper (dAgent) yang tutorialnya bisa di DOWNLOAD melalui alamat ini =>>http://disdik.patikab.go.id/berita-31-jangan-lupa-lakukan-backup-dapodikdas-sekolah-anda-secara-berkala.html
  2. Fungsi dari backup secara berkala adalah untuk menghindari data hilang akibat laptop rusak, aplikasi rusak, laptop hilang dan lain-lain. Simpan file backup di flashdisk atau memory lain.
  3. Perbedaan antara Backup menggunakan Dapodik Helper dengan Backup BSD adalah 
  • kalau Backup Dapodik Helper (dAgent) dapat menyimpan semua data yang ada dalam aplikasi dapodikdas dan format filenya ".dbk". di Dapodik Helper (dAgent) ini terdapat menu RESTORE yang fungsinya untuk mengembalikan file backup ke dalam aplikasi. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk pindah laptop/komputer yang digunakan untuk pendataan dapodikdas.
  • sedangkan backup BSD adalah backup yang digunakan hanya untuk mengambil data PTK calon penerima tunjangan dalam aplikasi dapodikdas dan format filenya .std. Awalnya aplikasi ini dibuat untuk menjembatani karena proses sinkronisasi yang susah.
  • Semoga bisa membedakan dan memahami

Selamat ber akhir pekan, sampaikan informasi ini kepada teman-teman Operator yang lain. Maaf kalau ada salah kata.

Berita Terkait

4 Komentar

Cara Beli Tricajus | 07 Agustus 2014 - 08:04:49 WIB
Terimakasih infonya gan,
moga cepet naik ah http://carabelitjs.wordpress.com/ | ---gl/3jTVNy | https://mysp.ac/Oedd | http://lnkd.in/bPWjbCP
Tricajus | 08 Agustus 2014 - 16:07:29 WIB
Terimakasih infonya gan, bissmillah moga cepet naik ah http://carabelitjs.wordpress.com/ | ---gl/3jTVNy | https://mysp.ac/Oedd | http://lnkd.in/bPWjbCP
Tricajus | 09 Agustus 2014 - 15:01:35 WIB
Terimakasih infonya gan, bissmillah moga cepet naik ah http://carabelitjs.wordpress.com/ | ---gl/3jTVNy | https://mysp.ac/Oedd | http://lnkd.in/bPWjbCP
bisnis modal kecil | 18 Agustus 2014 - 15:27:45 WIB
Incredible points. Outstanding arguments. Keep up the great spirit. http://bit.do/LV23

Isi Komentar